Monday, May 27, 2013

Menjadi Pemimpin yang Baik


    Menjadi Pemimpin Yang Baik, adalah sebuah hal yang jarang bisa di lakukan bagi tiap orang. Tetapi sebenarnya setiap orang pasti pernah menjadi seorang Pemimpin, baik itu untuk ruang lingkup yang kecil seperti keluarga atau bahkan untuk dirinya sendiri. Pada intinya Menjadi Pemimpin Yang Baik itu merupakan bagian penting bagi kehidupan seseorang. Tanpa seorang pemimpin dalam suatu lingkup akan sulit untuk mengatur ataupun mengontrol tiap-tiap anggota.

Di zaman modern ini sangatlah sulit kita mencari seorang pemimpin yang bertanggung jawab dan jujur pastinya. Mungkin banyak pemimpin-pemimpin kita di zaman ini tetapi, pemimpin-pemimpin jaman sekarang cenderung terlena dengan jabatan-jabatan yang mereka terima. Maka dari ini kita perlu mencari pemimpin yang berkualitas. Yang bertanggung jawab, yang jujur dan yang bisa mengayomi rakyat dengan baik. Berikut adalah tips-tips bagaimana menjadi pemimpin yang baik :
1.    Harus memiliki tujuan
Seorang pemimpin yang baik, harus memiliki tujuan dan beberapa pandangan apa yang ingin dilakukannya kedepannya. Karena dengan begitu semua kendali tergantung dari pimpinan, karena anggota akan mengikuti sesuai tujuan dari pemimpin tersebut yang tentunya tujuannya berguna bagi anggotanya.
2.    Memiliki karakter yang kuat
Karakter yang kuat perlu dimiliki bagi seorang pemimpin. Karena dengan begitu pemimpin akan bisa mempengaruhi anggotanya dengan baik. Dalam artian yang bertujuan baik bagi semuanya. Jadi saat tujuan-tujuan tersebut dijalankan, walaupun resiko yang diambil sangat besar pemimpin dapat mengarahkan anggotanya untuk bertindak apa yang harus dilakukan. Bukan mudah terpengaruh dengan hal-hal lain.
3.    Sigap dan selalu fokus
Menjadi seorang pemimpin haruslah bersikap Sigap dan selalu fokus dalam tiap permasalahan yang timbul. Pemimpin harus peka dalam masalah-masalah yang terjadi. Sehingga masalah yang ada tidak berlarut dalam menyelesaikannya. Dan tentunya dalam tiap masalah harus dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepat dalam kondisi apapun.
4.    Dapat mengenali kelebihan dan kekurangan tim
Kelebihan dan kekurangan merupakan sebuah evaluasi yang baik dalam sebuah tim, karena dengan begitu semua permasalahan bisa cepat terlihat. Sehingga potensi-potensi yang ada bisa dikembangkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tim tersebut. Namun ada hal yang tidak kalah penting yaitu jika seorang pemimpin melakukan kesalahan, hendaknya mau mengakui karena memang hal ini merupakan sikap berjiwa besar dan ini akan berdampak baik bagi anggotanya, karena pemimpin merupakan contoh.

5.    Rendah hati
Banyak pemimpin yang kurang rendah hati pada para anggotanya namun hanya yang mampu berbaur dan rendah hati lah yang bisa Menjadi Pemimpin Yang Baik, karena dengan begitu hubungan akan lebih baik sehingga bisa memperlancar kerjasama antar pemimpin dan anggotanya.
6.    Dapat mendengarkan suara anggota
Menjadi pendengar yang baik bagi para anggotanya merupakan hal yang perlu dimiliki bagi seorang pemimpin. Karena dengan begitu tiap anggota akan merasa lebih dihargai dan merasa berkontribusi bagi para timnya.

No comments:

Post a Comment