Saturday, March 9, 2013

Kultum Sholat Berjamaah


Karena saya besok pagi mengisi kultum di masjid al hakim. Jadi tak kasih bocoran kultum saya besok deh....hehe kultum yang akan saya bahas bsok pagi adalah tentang sholat berjamaah.

Dari Ibnu Umar -radhiallahu anhuma-, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
دَرَجَةً وَعِشْرِينَ بِسَبْعٍ الْفَذِّ صَلَاةِ مِنْ أَفْضَلُ الْجَمَاعَةِ صَلَاةُ
“Shalat berjamaah lebih utama dua puluh tujuh derajat daripada shalat sendirian.” (HR. Al-Bukhari no. 131 dan Muslim no. 650)

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa sholat berjamaah lebih utama 27 derajat dari pada sholat  sendirian. Seseorang yang melakukan sholat jamaah akan mendapatkan pahala sebanyak 27 tujuh lebih banyak dari pada sholat sendiri. Akan tetapi, dalam keseharian kita, jarang sekali menyempatkan waktu untuk melakukan sholat jamaah.
Beberapa manfaat sholat jamaah adalah mempererat ukhuwah, memperkuat keimanan, dan juga memperkuat hal-hal lainnya. Bahkan pada zaman Rasulullah, sholat jamaah ini seperi hampir diwajibkan, terutama bagi laki-laki untuk sholat jamaah di masjid.
Dengan berjamaah, akan ada penyatuan ummat, seorang pemimpin akan dekat dan mudah memberikan arahan kepada umatnya. Ketika seorang Muslim sholat dengan sendiri-sendiri maka tidak ada interaksi, dan hala ini secara sosial akan rentan karena tidak diketahui siapa-siapa diantara ummat yang miskin dan yang sedang mengalami penderitaan.
Bagi ummat Islam, masjid  pada hakikatnya adalah sebagai sentral gerakan sosial, dan bahkan gerakan politik. Sayangnya, di negeri ini ada masjid di mana-mana, namun jamaahnya tidak begitu banyak. Banyak umat Muslim, namun sholat berjamaah jarang dilakukan.
            Nah maka dari itu kita sebagai santri pondok pesanteren al hakim harus senantiasa mengutamakan sholat berjamaah. 

No comments:

Post a Comment